Majukan Gerakan Koperasi Jatim, Khofifah Jadi Tokoh Penggerak Koperasi di Indonesia

Subscribe Us

Majukan Gerakan Koperasi Jatim, Khofifah Jadi Tokoh Penggerak Koperasi di Indonesia

Rabu, 08 Maret 2023, Maret 08, 2023



Maju Gerakan koperasi , ibu khofifah setahun lalu mendapatkan Penghargaan yang diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jatim Andromeda Qomariah yang hadir mewakili Khofifah pada puncak acara Hari Koperasi ke-75 tahun lalu di Stadion Baru Kebon Dalem, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2022).

Untuk diketahui, Tokoh Penggerak Koperasi Utama merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Dewan Koperasi Indonesia. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas upaya keras Khofifah yang selama ini aktif menggerakkan pengembangan koperasi di Provinsi Jatim.

Khofifah mengatakan penghargaan tersebut dia persembahkan untuk seluruh gerakan koperasi yang ada di Jawa Timur. Gerakan tersebut dinilai telah mendedikasikan sekaligus melestarikan budaya gotong royong dalam menjalankan sistem perkoperasian.

giat koperasi menjadi bagian penting untuk menjadi perhatian ,terhadap pelaku usaha dan koperasi di jawa timur dengan melakukan upaya Gerakan untuk meningkat koperasi naik kelas,merangkul semua dan berkoloborasi yang ada ,baik perguruan tinggi , media yang menjadi informasi kepada semua umkm yang tergabung di dalam koperasi . salah satu factor memberikan pendampingan kwalitas SDM dengan laporan secara digital, untuk peningkatan umkm , dari sisi perijinan NIB ,Halal, Merek,SNI, ISO dan HCCP. Yang disampaikan ‘ibu andromeda kepala dinas Koperasi jawa timur.

Kemajuan koperasi dibutuhkan kemandirian terkait peran koperasi itu sendiri sehingga dinas bisa memberikan pendapingan dari RAT,pemasaran atau dari sisi Permodalan baik secara mandiri atau pun melalui dinas .keberadan dekopinda ,sebuah Gerakan dalam memberikan partisipasi secara aktif dan kontribusi Bersama sama ,dinas koperasi jatim ,akan selalu mengajak dekopinwil jatim tanpa membedakan golongan apapun ,sehingga di harapkan adanya peningkatan ukm naik kelas didalam koperasi dengan jumlah peningkatan koperasi di jawa timur dengan jumlah yang aktif 22.800 lembaga koperasi ,maka kami sangat mengharapkan bahwa untuk peningkatan ukm naik kelas perlu upaya secara Bersama sama melakukan sinergi dan kordinasi 

Kalau kita melihat online data system dari kementrian koperasi pada tanggal 28 febuari 2023 tingkat keberhasilan melalui jumlah total koperasi di jawa timur 37,438 lembaga, koperasi aktif 61 % sekitar 22 819 dan yang tidak aktif 39 % 14,619 lembaga koperasi .yang terdiri dari binaan kementerian,profensi jawa timur dan kabupaten.kota .

Sedangkan yang tidak aktif disebabkan karna belum melalukan RAT selama 3 x kali dalam setahun ,bahkan kurang informasi dalam pelaporan RAT ke dinas profensi jawa timur sehingga, dibutuhakan kordinasi dengan koperasi kabupaten kota .

Perlu dukungan dari Dekopinwil Jatim untuk memberikann informasi kepada koperasi agar keberdaan koperasi aktif bertambah , sehingga tidak benar kalau dinas koperasi Jawa timur tidak melakukan upaya upaya terhadap koperasi yang tidak aktif dari data yang kami terima , dinas koperasi jawa timur memberikan pendampingan bahkan mengigatkan untuk melakukan RAT dengan melakukan tegoran , bahkan bila 3 x tidak melakukan akan kami cabut Lembaga koperasi ,hal ini disampaikan “kepala dinas koperasi dan ukm jatim . ibu andromeda qomariah.

Ketua Dekopinwil jatim “ menerangkan bahwa RAT merupakan hal yang sangat penting di koperasi dan telah diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Permenkop No. 19 Tahun 2015. “RAT wajib dilaksanakan oleh koperasi maksimal 6 bulan setelah Tutup Tahun Buku, yaitu tanggal 30 Juni tahun berikutnya.

Keberadaan koperasi jawa timur menjadi penting di Indonesia, sehingga kami sangat mendukung Langkah Ibu gubernur jawa timur ,ibu khofifah indar parawansa dalam mendorong dan memajukan untuk meraih banyak prestasi dari kinerja terkait keberadaan koperasi ,hal ini disampaikan haji Mubin selaku ketua Dekopinwil jawa Timur.


Moh sahidi

TerPopuler