Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023, Kapolresta Pontianak Bacakan Sambutan Kapolri

Subscribe Us

Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2023, Kapolresta Pontianak Bacakan Sambutan Kapolri

Selasa, 18 April 2023, April 18, 2023

CYBERKRIMINAL.COM, PONTIANAK - Polresta Pontianak mengadakan apel gelar  Pasukan dalam rangka dimulainya  Operasi Ketupat Kapuas 2023 dilapangan Apel Mapolresta Pontianak,  Senin, (17/04/2023).

Apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Kapuas 2023 dipimpin langsung oleh Kapolresta Pontianak Kombes Pol  Adhe Hariadi, S.ik MH  didampingi Wakil Walikota Pontianak  Bapak Bahasan, SH  dan dihadiri oleh Forkompimda Kota  serta Organisasi lintas Sektoral  Kota Pontianak.

Dalam Apel gelar pasukan ini Kapolresta Pontianak membacakan amanat  Kapolri"  bahwa Polri bersama TNI dan Instansi terkait serta dibantu organisasi kemasyafakatan lintas sektoral  Menjamin keamanan dan ketertiban para pemudik saat berpergian,  Apel  gelar pasukan operasi Ketupat Kapuas 2023 ini dilaksanakan  dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun 2023 diwilayah Kota Pontianak.

Tema kegiatan Apel yang mengangkat tema “Mudik Aman Berkesan”, dihadiri oleh  Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan SH,  Dandim/1207/ptk  Kepala Kejaksaan Negeri, Kasat Pol PP., Kadis Perhubungan, Kepala BPBD, serta seluruh elemen penting organisasi kemasyarakatan diwilayah hukum  Polresta Pontianak.

Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH didampingi Wakil Walikota Pontianak Bapak Bahasan, SH bertindak sebagai pimpinan upacara saat membacakan tek sambutan  Kapolri Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si mengatakan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergitas Polri dengan stake holder  terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 H”katanya.

Melanjutkan, operasi ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Nantinya para porsenel tersebut  akan menempati 2.787 pos, dengan rincian 1.857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan, dan 217 pos terpadu” ungkapnya.

Memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik, terdapat beberapa penekanan untuk dipedomani dan dilaksanakan :

Pertama, laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023.

Kedua, Kedepankan langkah-langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomani SOP.

Ketiga, pastikan ketersediaan perlengkapan pribadi, sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pos pengamanan dan pos pelayanan terpadu.

Keempat berbagai langkah-langkah yang dilakukan pada pengamanan arus mudik juga harus diterapkan pada arus balik.

Kelima, pastikan informasi terkait kebijakan dan perkembangan situasi lalu lintas terkini tersampaikan dengan baik melalui iklan layanan masyarakat.

Keenam, perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Kapuas 2023 Polresta Pontianak telah menerjunkan personilnya 150 dibantu Unsur TNI,  Satpol PP, Dinas Perhubungan,  PMI dan Pramuka, Organisasi Kemasyarakatan,  dari jumlah personil tersebut  telah diploting dibeberapa Pos Pengamanan  yang didirikan dibeberapa titik,  yaitu Pospam Terpadu di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Pospam Mitra Anda  di Pontianak Barat, Pospam Nusa Indah di Pasar Sudirman Pontianak Kota,  Pospam Flamboyan di Simpang Pasar Flamboyan diisi personil dari Satuan Lalu Lintas,  kemudian  Pospam Bundaran Untan Pontianak Selatan,  Pospam Simpang Tanjung Raya Pontianak timur,  Pospam Kaisar Pontianak Utara.

Menurut Kapolresta Pontianak Kombes Pol Adhe Hariadi, S.ik MH   Dengan  enam Pospam dan satu Pos terpadu ini didirikan dalam rangka menjamin kelancaran  terlaksananya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, dan Mewujudkan " Mudik yang Aman dan Berkesan" diwilayah hukum Kota Pontianak, " Ujarnya. 


ASWAR


TerPopuler