Prakiraan Cuaca Menurut BMKG Khususnya Indonesia Timur Sulawesi Tengah

Subscribe Us

Prakiraan Cuaca Menurut BMKG Khususnya Indonesia Timur Sulawesi Tengah

Selasa, 18 April 2023, April 18, 2023
Musim
CYBERKRIMINAL.COM, MOROWALI - Prakirakan cuaca Sulawesi Tengah hari ini di Ampana Bungku, Palu, Donggala,Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, hingga Banggai Laut akan adanya pontensi hujan lebat, Rabu 19 April 2023.

Pasalnya BMKG Memperkirakan adanya intensitas hujan sedang hingga lebat karena di sebabkan adanya termonitor beberapa dinamika atmosfer yang dapat memicu potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia sebagai berikut; Saat ini Monsun Asia masih cukup aktif di wilayah Asia khususnya Indonesia timur (Morowali).

Sementara itu potensi seru akan dingin dan aliran intas ekuator tidak terlalu aktif saat ini, tapi masih dapat meningkat dalam sepekan kedepan yang dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan pertumbuhan awan hujan disekitar wilayah Indonesia.

Gelombang Rossby Ekuator dan Gelombang Kelvin saat ini cukup aktif di wilayah timur Indonesia dan turut memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Sementara itu pola Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata, di Perairan Selatan dari Filipina, di Samudera Hindia Utara Papua, dan di Australia bag utara yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang terkonsentrasi di wilayah Sumatera bagian tengah dan selatan, Jawa bagian barat hingga bagian utara, Nusa Tenggara, Kalimatan Selatan, Sulawesi bagian tengah dan selatan, serta Papua bagian utara dan selatan.


Sumber : Bara


TerPopuler