Monitoring pasar srimangunan FSS temukan bahwa Block C1 tidak sesuai Permenkes No 17 th 2020.

Subscribe Us

Monitoring pasar srimangunan FSS temukan bahwa Block C1 tidak sesuai Permenkes No 17 th 2020.

Minggu, 27 Agustus 2023, Agustus 27, 2023


CYBERKRIMINAL.COM, SAMPANG - Pada Tahun 2022, Forum Sampang Sehat (FSS) melaksanakan Festival Kabupaten Hebat (FKH) yang bertujuan untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Salah satu indikator dalam Festival tersebut adalah penilaian pasar menuju pasar sehat.

Dari hasil FKH, ditemukan adanya indikator pasar sehat yang kurang maksimal pada seluruh pasar di Kabupaten Sampang tanpa terkecuali Pasar Srimangunan Sampang. 

Minggu, 27 Agustus 2023, FSS melakukan monitoring di pasar Srimangunan Sampang mengingat rencana relokasi yang akan dilakukan oleh Pemkab Sampang mendapat respon yang beragam dari publik.

Dari hasil monitoring yang dilakukan oleh tim FSS ditemukan bahwa kondisi pasar Sri Mangunan Blok C1 tidak memenuhi kriteria Pasar Sehat yang tertuang dalam Permenkes 17/2020 tentang pasar Sehat yaitu Pasar Rakyat yang sehat, bersih, tertib dan aman dan nyaman.

FSS menemukan Kondisi Pasar Sri Mangunan Blok C1 :

1. Kumuh

2. Overload

3. Tidak Tertata berdasarkan dagang

Berdasarkan temuan tersebut, Pada prinsipnya FSS Mendukung Relokasi pedagang pasar blok C1 dengan catatan Pemerintah Kabupaten Sampang sudah menyiapkan sarana prasarana, SDM dan segala hal yg berkaitan dg relokasi pasar menuju, pasar yg sehat, bersih, tertib dan aman.


HR.

TerPopuler