Dosen Dan Mahasiswa Universitas Mulawarman Fakultas Kedokteran Gigi Melakukan Baksos Dibeberapa Desa

Subscribe Us

Dosen Dan Mahasiswa Universitas Mulawarman Fakultas Kedokteran Gigi Melakukan Baksos Dibeberapa Desa

Senin, 09 Oktober 2023, Oktober 09, 2023

OPTIMALISASI UKGS DAN PEMANFAATKAN PRODUK GEL SARANG SEMUT, DOSEN DAN MAHASISWA PROFESI KEDOKTERAN GIGI UNMUL TERJUN KE DESA GAS ALAM, MUARA BADAK, KUTAI KARTANEGARA, KALTIM

Berdasarkan data riskesdas 2018 proporsi masalah kesehatan gigi di Indonesia cukup tinggi terutama pada anak usia dini. Itu sebabnya penting diadakan program edukasi pada anak usia dini agar menyadari pentingnya menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut.

Upaya yang dilakukan salah satunya adalah melakukan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut dalam kegiatan pengabdian masyarakat.


Pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari tiga tridarma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh setiap dosen. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan klinik Qica Muara Badak dan Puskesmas Muara Badak.

Kegiatan ini mengusung tema Optimalisasi UKGS dengan berbagai bentuk kegiatan. Acara dibuka dengan penyuluhan mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan dilanjutkan dengan sikat gigi bersama siswa-siswi SDN 009 Muara Badak. Sikat gigi bersama ini dilakukan dengan pemantauan untuk memastikan siswa-siswi melakukan sikat gigi sesuai dengan arahan yang tepat.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Dr. drg. Lilies Anggarwati Astuti, Sp. Perio mengungkapkan “Sasaran dilakukannya kegiatan ini adalah anak-anak sekolah dasar yang berisiko tinggi mengalami kerusakan gigi karena kurangnya pengetahuan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan diadakannya kegiatan ini kami sangat mengharapkan kesadaran masyarakat meningkat akan pentingnya kesehatan gigi anak usia dini. Selain itu, produk riset kami berupa gel sarang semut, mulai dimanfaatkan dalam mengobati peradangan pada sudut bibir (angular cheilities) dan penyakit gatal pada kulit (scabies) sebelum diproduksi secara paten”

Setelah dilakukannya penyuluhan dan sikat gigi bersama, kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi gratis, perawatan gigi sederhana seperti penambalan gigi sederhana, pencabutan gigi susu goyang dan konsultasi untuk murid, guru serta orangtua murid.

Lebih lanjut, dosen unmul ini menambahkan bahwa selain memberikan pelayanan kesehatan gigi gratis untuk masyarakat, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menambah wawasan serta pengalaman bagi Dokter Gigi Muda Unmul dalam memberikan penyuluhan dan pelayanan kesehatan gigi masyarakat. Pada kegiatan ini para dokter gigi muda yang terlibat yaitu Amelita Rosalina, Hanida Fitri Hasanah, Laila Siti Nuria, Nisrina Dwi Cahyarini dan Riri Rahmadhani memberikan penyuluhan cara sikat gigi yang baik dan benar.


Narasumber Dr.drg.Lilies Anggarwati Astuti,Sp.Perio

TerPopuler