Gaduh ! Bukti Kegagalan Pj Bupati Sampang, DPW KAKI Minta Mendagri Turun Tangan

Subscribe Us

Gaduh ! Bukti Kegagalan Pj Bupati Sampang, DPW KAKI Minta Mendagri Turun Tangan

Rabu, 22 Mei 2024, Mei 22, 2024
CYBERKRIMINAL.COM, SAMPANG  – Menjelang kontestasi Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, tensi politik kian memanas. Sejak Rudy Arifiyanto menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Sampang, situasi politik daerah semakin bergejolak, ditandai dengan beberapa kali aksi demonstrasi yang mencerminkan pro dan kontra terhadap kebijakan Pj Bupati.

Aksi-aksi demonstrasi yang marak terjadi belakangan semakin diperparah dengan kehadiran platform digital yang mempermudah penyebaran berita dan opini, baik melalui media pemberitaan online maupun media sosial. Perdebatan sengit pun tak terhindarkan di kalangan pendukung para tokoh yang diusung untuk maju dalam Pilkada Sampang 2024, meskipun pelaksanaannya masih enam bulan lagi.

Puncak ketegangan dimulai dengan demo yang digelar oleh Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) pada Kamis (16/5/2024) di Kantor Pemkab Sampang dan itu bukan pertama kali Pemkab di demo ribuan masaa. Mereka memprotes kebijakan Rudy Arifiyanto terkait pergantian Pj Kepala Desa yang dianggap tidak sesuai dengan hasil musyawarah Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di setiap desa.

Tak lama berselang, pada Selasa (21/5/2024), aksi demo tandingan muncul, mendukung penuh kebijakan Pj Bupati terkait pergantian Pj Kepala Desa tersebut. Situasi ini semakin memanaskan tensi politik antar warga yang sudah sangat kental dengan nuansa politis.

Aktivis Pemerhati Politik, Abd. Jamal, mengkritik kebijakan Pj Bupati. Dalam kesempatannya pada Selasa malam (21/5/2024), Jamal menyarankan agar Pj Bupati fokus pada pembangunan dan kesejahteraan rakyat Sampang. 
"π™Ώπš“. π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πšœπšŽπš‘πšŠπš›πšžπšœπš—πš’πšŠ πš•πšŽπš‹πš’πš‘ πš‹πšŠπš’πš” πš‹πšŽπš›πšπš˜πš”πšžπšœ πš–πšŽπš–πš’πš”πš’πš›πš”πšŠπš— πš‹πšŠπšπšŠπš’πš–πšŠπš—πšŠ πšŒπšŠπš›πšŠπš—πš’πšŠ πš‚πšŠπš–πš™πšŠπš—πš πš•πšŽπš‹πš’πš‘ πš–πšŠπš“πšž πš”πšŽ πšπšŽπš™πšŠπš—πš—πš’πšŠ, πš‹πšžπš”πšŠπš— πš–πšŽπš—πšπšžπš›πšžπšœ πš™πšŽπš›πšπšŠπš—πšπš’πšŠπš— π™Ώπš“ π™ΊπšŠπšπšŽπšœ πš’πšŠπš—πš πš›πšŽπš—πšπšŠπš— πšπšŽπš—πšπšŠπš— πš”πšŽπš™πšŽπš—πšπš’πš—πšπšŠπš— πš™πš˜πš•πš’πšπš’πš”, πšŠπš™πšŠπš•πšŠπšπš’ πš–πšŽπš—πš“πšŽπš•πšŠπš—πš π™Ώπš’πš•πš”πšŠπšπšŠ," tegasnya.

Moh Hosen, aktivis dari DPW Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Jawa Timur, turut menyoroti kegaduhan yang terjadi di Kabupaten Sampang. Hosen mengungkapkan bahwa kabupaten yang dijabat oleh Penjabat Bupati bukan hanya Sampang, tetapi juga Bangkalan dan Pamekasan, namun kedua kabupaten tersebut tetap damai.
"π™°πšπšŠ πš‘πšŠπš• πš’πšŠπš—πš πš™πšŽπš›πš•πšž πšπš’πš‹πšŽπš—πšŠπš‘πš’ πš˜πš•πšŽπš‘ πšœπšŽπš˜πš›πšŠπš—πš π™Ώπš“ π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πšπšŠπš— πš™πšŽπš›πš•πšž πšπš’πšπšŠπš›πš’πšœπš‹πšŠπš πšŠπš‘πš’, πš‹πšŠπš‘πš πšŠ πšπš’πš›πš’ πš‘πšŠπš—πš’πšŠ πš™πšŽπš—πš“πšŠπš‹πšŠπš πšœπšŽπš–πšŽπš—πšπšŠπš›πšŠ πš“πšŠπš—πšπšŠπš— πšœπšŠπš–πš™πšŠπš’ πš–πšŠπšž πšπš’πšπšŠπš›πš’πš”-πšπšŠπš›πš’πš” πšπšŽπš›πš‘πšŠπšπšŠπš™ πš”πšŽπš™πšŽπš—πšπš’πš—πšπšŠπš— πš™πš˜πš•πš’πšπš’πš”," ujar Hosen. 

Menyikapi situasi yang seperti ini, Hosen meminta kepada Kemendagri Tito Karnavian untuk segera memberikan arahan kepada Pj Bupati Sampang yang dinilai gagal menciptakan perdamaian di wilayahnya.

Dengan berbagai pihak yang menyerukan dukungan dan penolakan terhadap Pj Bupati, masyarakat Sampang berharap Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan sukses dan damai. Mereka menginginkan pemimpin yang amanah dan mampu menyatukan keberagaman demi kemajuan dan kesejahteraan Kabupaten Sampang di masa depan.


Penulis: Fach

TerPopuler