Ormas GMPAR&LRI Gerak Cepat Menyikapi Pipa Pertamina Yang bocor didesa lombang kab.indramayu

Subscribe Us

Ormas GMPAR&LRI Gerak Cepat Menyikapi Pipa Pertamina Yang bocor didesa lombang kab.indramayu

Selasa, 18 Juni 2024, Juni 18, 2024
CYBERKRIMINAL.COM, INDRAMAYU - Kebocoran pipa Pertamina di Desa Lombang, Kec. Juntiyuat, lndramayu, Jawa Barat disikapi serius oleh Lembaga Reklsassering (LRI) dan Gerakan Membela Peduli Aspirasi Rakyat(GMPAR) Kabupaten Indramayu. 

Kedua organisasi tersebut sampai turun langsung meninjau ke lokasi kebocoran pipa.pada(18/06/2024). yang menurut warga setempat mengakibatkan pencemaran sungai dan saluran irigasi di wilayah tersebut. 

Menurut Abdul Rokhim (Abro) Ketua Lembaga Reklsassering (LRI), dan Ratno Ketua Umum GMPAR, meskipun sejak Jum’at(14/06/2024) pagi pihak pertamina sudah turun tangan untuk membersihkan,dan juga memohon kepada pihak pertamina untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan, baik di area darat maupun di area laut disekitar wilayah yang terdampak di Kab.lndramayu tersebut. 

"Pipa milik pertamina yang ada di lndramayu pun diminta untuk di cek secara rutin dan berkala (Recovery) untuk mencegah terjadinya kebocoran kembali" ujarnya Abro serta Ratno. 

Atas semua pipa-pipa yang ada di lndramayu harus di maintenance,dan di cek dengan benar untuk pipa yang ada didarat juga dilaut. 

Itu harus di cek karna kita tidak tahu usia dari pipa itu sudah berapa lama, dan sejatinya pihak pertamina harus memiliki tim profesional untuk Recovery terhadap pipa-pipa mana saja yang harus segera diganti, imbuh keduanya 

Diketahui pipa yang mangalami kebocoran merupakan pipa yang menghubungkan stasiun pengumpul utama (ESPU) A/MGS/Balongan KP10. 

Walaupun berbagai prosedur telah ditempuh antara lain dengan pemasangan Safety Lane di area kebocoran serta pemasangan Clamp untuk menghentikan kebocoran, Namun tetap saja hal itu tidak serta merta bisa dianggap kejadian biasa saja, Tetapi hal tersebut bisa dianggap merupakan sebuah kelalaian. 

Abro, Ketua LRI dan Ratno Ketua GMPAR menegaskan, ini adalah bagian ketidak profesionalan pertamina dalam mengawasi jalur pipa secara berkala, karna ini kemungkinanannya sering terjadi, tetapi jarang terpantau/terekspos, ungkapnya. 



M.Maulana.M

TerPopuler