Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)

Subscribe Us

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)

Selasa, 30 Juli 2024, Juli 30, 2024
CYBERKRIMINAL.COM, KUBU RAYA - Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Kubu Raya. Senin (29/07/24).

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya kembali menggelar apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dilaksanakan dihalaman kantor Bupati Kubu Raya. Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini dalam rangka menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sedang terjadi diwilayah Kabupaten Kubu Raya serta untuk menegakkan hukum diwilayah hukum Polres Kubu Raya dan untuk mengecek seluruh kesiapan baik itu kesiapan almatsus, personel Polda Kalbar maupun kendaraan dinas yang dimiliki oleh masing-masing instansi yang nantinya akan digunakan pada saat menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). 

Memasuki musim kemarau seperti sekarang ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) merupakan masalah utama di Provinsi Kalbar sehingga seluruh elemen, instansi terkait serta TNI-Polri harus bersama-sama mencegah dan menanggulanginya.

Apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Kubu Raya Dr. Syarif Kamaruzaman, M.Si. dan dihadiri oleh pejabat utama Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar atau yang mewakili serta diikuti oleh seluruh personel Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar serta stakeholder yang nantinya akan bekerja sama menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilokasi kemunculan titik api. 

Pada pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini Satbrimob Polda Kalbar mengikut sertakan 30 personelnya serta mengerahkan almatsus dan kendaraan dinas yang sudah dimodifikasi untuk digelar yang nantinya almatsus dan kendaraan dinas yang sudah dimodifikasi tersebut akan digunakan oleh personel untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dilapangan. Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kalbar Kompol Jon Rubi Sugianto, S.A.P. selaku yang mewakili Dansatbrimob Polda Kalbar Kbp Irwan Jaya, S.I.K. pada pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini menambahkah bahwa kegiatan apel ini merupakan bentuk kesiapan dari pemerintah daerah, Kodam XII/Tpr, Polda Kalbar dan stakeholder terkait dalam hal menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sedang terjadi di Kabupaten Kubu Raya. 

Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kalbar juga menambahkan bahwa upaya lain yang dilakukan oleh Satbrimob Polda Kalbar untuk menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) adalah dengan melaksanakan patroli dialogis dengan sasaran masyarakat yang berada didekat dengan lokasi yang rawan akan terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Apel ini bertujuan untuk mengecek kesiapan dari TNI-Polri dan stakeholder terkait dalam hal menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sekarang terjadi di Kabupaten Kubu Raya. Bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) memang merupakan permasalahan utama Provinsi Kalbar memasuki musim kemarau untuk itu kami telah berinovasi menciptakan motor Karhutla yang dimana motor ini bisa menjangkau titik api dilokasi yang sulit untuk dijangkau oleh kendaraan seperti watercanon. 

Upaya pencegahan lain yang kami lakukan adalah dengan melakukan patroli dan meminta masyarakat untuk tidak menegur bila perlu melaporkan kepada pihak berwajib apabila menjumpai atau menemui oknum-oknum masyarakat yang ingin membuka lahan dengan cara sengaja dibakar” ucap Danyon A Pelopor Satbrimob Polda Kalbar Kompol Jon Rubi Sugianto, S.A.P..,


(**)

TerPopuler