Puncak acara Ambal Warsa Kartasura Ke 344 Di Tutup Dengan Kirab Budaya.

Subscribe Us

Puncak acara Ambal Warsa Kartasura Ke 344 Di Tutup Dengan Kirab Budaya.

Minggu, 15 September 2024, September 15, 2024




Kartasura - Ribuan masyarakat Kartasura memadati di sepanjang jalan Slamet Riyadi dari pertigaan gembongan menuju petilasan kraton kartasura mereka ingin menyaksikan kirab budaya dalam rangka Ambal Warsa Kartasura yang ke 344 tahun.


Menurut pemerhati budaya Kartasura KRT H.Djuyamto SH.MH. dalam sambutanya sebelum kirab di berangkatkan beliau mengatakan bahwa kirab budaya merupakan ekspresi kegembiraan ekspresi rasa suka dan expresi kreasi dan inovasi masyarakat Kartasura dalam memperingati Ambal Warsa ke 344 tahun Kartasura.


"Alhamdulillah kirab budaya tahun ini konsep ya lebih tertata lebih terkoordinasi semoga kirab budaya ini menjadi icon budaya Kartasura di tahun - tahun berikutnya.

Sebab Kartasura tidak hanya sebuah kota kecamatan tetapi merupakan pusat seni dan budaya karena Kartasura dulu adalah pusatnya Kerajaan Mataram Islam."


Kirab di berangkatkan tepat pukul 09.00 WIB yang di pimpin oleh Camat Kartasura Ichwan Sapto Darmono.

Tampak rombongan terdepan dari kirab budaya ini adalah rombongan pasukan dari Kraton kasunanan Surakarta di ikuti dari rombongan Forkompimcam Kartasura dan Lurah dan Kepala desa serta tokoh Masyarakat dan tokoh Budaya Kartasura,Paskibraka Kecamatan Kartasura, Pakasa,Drum Band dan di susul perwakilan dari Ormas,Relawan,dan perwakilan dari seluruh desa yang ada di Kartasura.


Dalam kesempatan ini tampak hadir di panggung Kehormatan di Petilasan Kraton Kartasura Bupati Sukoharjo Hj.Etik Suryani ,Gusti Moeng dan KPH.Eddy Wirabumi,Anggota Dewan ,dan Tokoh Agama dan Masyarakat Kartasura.


Sambil menunggu kirab budaya sampai di panggung kehormatan di suguhkan tarian gabyong dan tarian jaranan.


Dalam sambutanya Bupati Sukoharjo mengucakan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada panitia dan seluruh masyakat Kartasura yang telah mengadakan acara Ambal Warsa ke 344 kartasura.


"Saya atas nama pribadi dan pemerintah Sukoharjo memberikan Apresiasi yang sebesar - besarnya.

Semoga acara seperti ini bisa di adakan setiap tahunya dan semakin sukses."


Antusias masyarakat Kartasura begitu luar biasa baik yang mengikuti kirab budaya maupun yang menyaksikan Kirab budaya hingga acara berakhir di Puncak acara Ambal Warsa Kartasura yang ke 344 tahun ini.


Lembaga Dewan Adat Kraton Kasunanan Surakarta Gusti Moeng mengatakan 


" Saya menitipkan situs kraton Kartasura kepada Ibu Bupati Sukoharjo Hj.Etik Suryani agar tetap lestari sebab Kebudayaan kraton Kasunanan Surakarta berasal dari kraton Kartasura ".


Dalam kesempatan ini ketua Panitia Ambal Warsa ke 344 Kartasura KRT Suratno 

Mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang telah ikut berpartisipasi khususnya bagi para donatur dan sponsor dalam acara Ambal Warsa ke 344 tahun Kartasura semoga menjadi amal kebaikan kita dan sebagai wujud rasa cinta kita terhadap kota kita tercinta Kartasura.


Nug/yus/red.

TerPopuler