Sat Polairud Polres Paser Lakukan Patroli dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar kepada Masyarakat Pesisir

Subscribe Us

Sat Polairud Polres Paser Lakukan Patroli dan Sosialisasi Keselamatan Berlayar kepada Masyarakat Pesisir

Kamis, 26 September 2024, September 26, 2024
CYBERKRIMINAL.COM, Tanah paser - Polres Paser melalui Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) melaksanakan kegiatan preventif berupa patroli dialogis dan himbauan keselamatan berlayar kepada masyarakat pesisir pada Rabu, 25 September 2024. Kegiatan ini dilakukan di wilayah Desa Pondong Baru dan perairan sekitar Pelabuhan Rakyat Pondong Baru, Kabupaten Paser.

Kapolres Paser AKBP Novy Adi Wibowo melalui Kasat Polairud AKP Karmuji mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pesisir terkait keselamatan dalam beraktivitas di perairan, serta menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah perairan Kabupaten Paser.”

Kegiatan ini melibatkan personil Sat Polairud yang bertugas di dua lokasi, yakni tim Binmas Perairan dan tim Patroli Perairan. Tim Binmas Perairan terdiri dari Bripka Sri Hardiman, Bripka Kasianto, dan Briptu Indra Lasmana, yang melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jasa transportasi air, warga yang beraktivitas di Pelabuhan Pondong Baru, serta warga pesisir Desa Pondong Baru.

Sementara itu, patroli perairan dilakukan oleh Bripka Deni Saputra, Brigpol Adi Putra W.B, dan Brigpol Yacob Rachmad, yang mengawasi kapal-kapal yang melintas di alur pelayaran wilayah hukum Polres Paser, nelayan yang sedang melaut, serta kapal-kapal yang sedang melakukan bongkar muat di pelabuhan.

Dalam sosialisasi keselamatan, personil Sat Polairud menyampaikan sejumlah himbauan, di antaranya agar masyarakat selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan jiwa saat beraktivitas di perairan, menggunakan alat tangkap ramah lingkungan, dan berperan serta dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah perairan. Masyarakat juga diingatkan untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem, mengenakan pelampung saat berlayar, serta melengkapi alat keselamatan di kapal.

Selain itu, masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas di perairan jika cuaca buruk karena curah hujan tinggi dan angin kencang dapat menimbulkan gelombang besar dan jarak pandang terbatas, yang berpotensi menyebabkan kecelakaan laut.

Situasi kamtibmas di wilayah perairan Kabupaten Paser hingga saat ini dilaporkan kondusif, dengan aktivitas masyarakat berjalan aman dan lancar. Polres Paser akan terus melakukan upaya preventif untuk menjaga keamanan di wilayah perairan dan memastikan keselamatan masyarakat pesisir.

( Wira )

TerPopuler